Road To UN


Inilah cerita anak-anak kelas 3 yang sedikit lagi mau melaksanakan moment bersejarah bin menegangkan yakni Ujian Nasional. Event Nasional yang diadakan tiap tahun ini, mau tidak mau akan menjadi Pelabuhan terakhir kami menuju gerbang Masa depan. Sekolah selama kurang lebih 3 tahun, hanya akan ditentukan (sebesar 60%) selama 3 Hari. 

Ketegangan, kecemasan, ketakutan, dan berbagai sensasi rasa lainnya mulai menghantui para peserta Ujian Nasional 2014 tidak terkecuali saya. Hitungan hari makin lama makin mengecil yang artinya semakin dekat. Sekiranya Ujian Nasional tinggal 17 Hari lagi (H-17).

Rasa yang sama mungkin berlaku buat para Calon Anggota Legislatif dimana pada bulan yang sama ( 9 April ) akan melakukan persaingan untuk merebutkan Kursi Anggota dewan. Kalau para caleg dengan usahanya agar dapat menarik simpati masyarakat, maka kami para siswa dengan Usaha belajarnya, agar dapat duduk mulus di Kursi Panas UN dengan ketenangan yang DAHSYAT dan dapat mengerjakan Soal UN dengan luar biasa LANCAR.

Road to UN, Hari demi hari dilewati dengan mempermantap materi. Tidak ada lagi kata santai dalam kamus kami. Belajar, belajar, belajar. Kebersamaan selam 3 tahun lebih terjalin erat. Foto selfie bin narsis mulai meningkat. Semua moment menuju UN inilah yang mungkin akan cukup berkesan. Yang kami bisa adalah menunggu hari H pelaksanaan. Hingga pada pengumuman kelulusan merupakan waktu yang cukup mendebarkan hati.

Nasib dan tujuan kita ada di tangan kita sendiri. Soal UN yang telah dirancang 20 Paket menjadikan kita harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah kita lakukan selama SMA. 20 paket = 1 Siswa, 1 Paket. 1 Siswa mengerjakan 1 paket hanya dalam jangka waktu 2 Jam sahaja. 

Peluang untuk saling membantu ada, hanya saja kita tidak bisa Egois, karena tahun ini NILAI UN akan IKUT diperhitungkan dalam SNMPTN. Jadi setiap siswa akan berlomba-lomba mendapatkan nilai UN. Mungkin ada beberapa dari kami yang hanya mengejar kata "LULUS", dan memang itulah yang sebenarnya kami cari. Tapi jujur, saya juga ingin sekali Lulus di SNMPTN jalur undangan, sehingga tidak perlu repot-repot lagi. Jadi, saya harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai memuaskan di UN nanti.

Dan inilah saatnya kita semua berusaha semaksimal mungkin, karena inilah Ujian terakhir yang kita hadapi. Mental dan fisik harus tetap dijaga. Selama 3 tahun ini sudah banyak ujian yang kita hadapi mulai dari kuis, ulangan harian, ulangan MID, dan ulangan Semester. Bila kita liat kebelakang lagi, banyak usaha yang telah kita lakukan untuk menghadapi jenis-jenis ujian tadi, oleh karena itu jika jenis ujian tadi kita lakukan usaha yang sedemikian rupa maka untuk Ujian Nasional kita harus melakukan usaha 2 kali, 5 kali, 10 kali, bahakan 100 kali lipat dari usaha Jenis ujian tersebut tadi.

Sehingga saat pengumuman nanti kita akan bersuka ria seperti ini

bukan berduka cita seperi ini

Nasib tergantung usaha yang tentunya ada di tangan kita sendiri...

Terimakasih telah menyimak . . . 

4 komentar:

Pelajar Ilmiah mengatakan...

Nice

@ekohinta mengatakan...

Thanks

Tri Indah Sari mengatakan...

Tulisan yang bagus untuk menambah motivasi semangat dalam menghadapi UN (y)

@ekohinta mengatakan...

Heheheh.. makasih ndah (y) . Visit terus yaa ;)

Posting Komentar